cara membuat daftar riwayat hidup fresh graduate

5 Hal yang Bikin CV Lamaran Kerja Lebih Menarik di Mata HRD

membuat daftar riwayat hidup adalah salah satu hal yang cukup sulit, apalagi jika Anda ingin melamar pekerjaan dan kalian baru saja lulus (Fresh graduate), dan kalian tidak memiliki pengalaman kerja ? Ini merupakan salah satu tekanan mencari kerja pada fresh graduate. Dan bahkan jika Anda merasa memenuhi syarat untuk pekerjaan itu, daftar riwayat hidup Anda masih akan menjadi hal pertama yang memperkenalkan Anda kepada calon atasan Anda sebelum mereka melakukan wawancara.

Jadi sebelum Anda mengirimkannya lamaran kerja dan daftar riwayat hidup ke laman pekerjaan atau ke HRD , pastikan daftar riwayat hidup kalian menarik dan sudah sesuai isi-isinya. Disini kami akan memberikan artikel tentang cara membuat daftar riwayat hidup untuk fresh graduate. Yang perlu diperhatikan dalam membuat daftar riwayat hidup:

  1. Nama dan informasi kontak

Tentu saja, daftar riwayat hidup Anda harus tercantum nama, alamat  dan informasi kontak Anda (nomor telepon rumah / ponsel, alamat email), biasanya informasi ini terletak dibagian atas. jika Anda memiliki portofolio online atau profil profesional, Anda dapat memasukkan link ke situs web itu pada bagia informasi kontak.

  1. Tujuan karir

Sebagai lulusan baru dengan pengalaman yang sangat sedikit, tujuan Anda adalah bagian terpenting dalam daftar riwayat hidup. Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan perhatian langsung dari perekrut. Namun, bagian ini harus singkat dan ringkas dan harus menekankan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan apa yang Anda miliki yang akan membantu perusahaan mencapai tujuannya. Ingat, setiap perusahaan memiliki tujuan yang berbeda, jadi tujuan Anda harus disesuaikan dengan setiap aplikasi pekerjaan yang Anda lamar.

Bagilah paragraf Anda dalam tiga kalimat pendek:

  • Sebutkan gelar dan tahun pengalaman kerja Anda (jika ada)
  • Jelaskan sifat-sifat terkuat Anda yang bisa dibuktikan
  • Tekankan kemampuan Anda yang akan membantu dalam mencapai tujuan perusahaan
  1. Pendidikan

Sementara kebanyakan daftar riwayat hidup berlanjut dengan pengalaman kerja, resume lulusan perguruan tinggi harus dimulai dengan pencapaian pendidikan tertinggi Anda. Perekrut pertama memeriksa apakah seorang kandidat memenuhi persyaratan pekerjaan tertentu, dan persyaratan seperti itu sering kali dilihat dari gelar Anda. Mulailah dengan kualifikasi akademik terbaru, Sebutkan IPK Anda untuk memperkuat peluang agar diperhatikan. Hanya sertakan pencapaian pendidikan Anda yang relevan (gelar sarjana, master, dan lainnya)

  1. Pengalaman kerja

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa bagian ini harus ada, yang jelas menyatakan anda tidak memiliki pengalaman kerja. Nah, magang Anda, pekerjaan paruh waktu, atau pengalaman sukarela sudah merupakan pengalaman kerja dan sangat penting bagi Anda karena Anda telah berkembang, hal tersebut dapat ditempatkan di pengalaman kerja. Sebutkan perusahaan, posisi Anda, berapa lama Anda melakukan pekerjaan itu. Kunci penting di sini adalah menyebutkan detailnya, jadi tunjukkan tanggung jawab Anda, dan apa yang telah Anda capai selama Anda kerja di sana.

  1. Keterampilan dan Pengetahuan

Bagian ini harus berupa daftar keahlian dan pengetahuan Anda yang mendukung pencapaian yang disoroti di bagian pengalaman.

  1. Bagian lain yang mungkin ingin Anda sertakan:

Ini adalah kebutuhan dasar yang perlu Anda sertakan dalam daftar riwayat hidup Anda, namun, jangan membatasi diri Anda hanya dengan ini. Anda dapat menambahkan bagian lain seperti Penghargaan, Kegiatan Kepemimpinan, Penghargaan Pendidikan, Sertifikasi, dan Lisensi Profesional jika Anda punya.