Berikut Ini Harga Tiket Kereta Jakarta – Yogyakarta Yang Perlu Anda Ketahui

Warga Jakarta yang sudah merasa jenuh dan penat dengan kesibukan berbagai aktivitas setiap harinya, tentunya akan membuat mereka ingin menikmati suasana baru, suasana yang lebih tenang dan nyaman untuk berlibur. Salah satu kota yang bisa menjadi destinasi wisata yang menarik, adalah Yogyakarta. Karena di Yogyakarta ini akan menawarkan kenyamanan dan keindahan, melalui kecantikan kota dan budayanya, keramahan orang-orangnya, serta biaya hidup yang relatif lebih mudah.

Apalagi pada saat ini kunjungan ke Yogyakarta menjadi semakin mudah dengan adanya kereta api, yang memakan waktu perjalanan sekitar 7,5 – 8 jam dari Jakarta. Harga tiketnya juga sangat murah, mulai dari Rp. 260.000 hingga Rp. 430.000 / orang untuk kelas eksekutif. Nah, berikut ini harga tiket kereta Jakarta Yogyakarta dengan menggunakan KA Taksaka :

Kereta Api Taksaka

Kereta api ini merupakan salah satu kereta kelas Eksekutif milik Daerah Operasi 6 Yogyakarta yang melayani perjalanan antarkota Jakarta – Yogyakarta. Dalam sehari, kereta api ini melakukan 2 kali perjalanan (pergi pulang), melalui relasi utama Stasiun Yogyakarta Tugu – Stasiun Jakarta Gambir. KA Taksaka ini merupakan kereta api lintas kota jarak jauh, yang bisa melakukan perjalanan sejauh 517 KM. Untuk perjalanan dengan lokomotif ini mempunyai kecepatan 60 – 100 km per jama yang akan memakan waktu kurang lebih sekitar 7,5 jam. Selain itu, KA Taksaka pagi biasanya mulai berangkat dari stasiun Jakarta Gambir pukul 08.30 dan dari Stasiun Tugu Yogyakarta sekitar pukul 08.00. sementar itu, untuk keberangkat di malam hari KA Taksaka biasanya berangkat dari Stasiun Jakarta Gambir pukul 20.45 dan dari Stasiun Tugu Yogyakarta pukul 20.00.

Dalam perjalanan, kereta ini akan berhenti di beberapa stasiun untuk menurunkan dan menaikkan penumpang dan untuk stasiun persinggahan ini disesuaikan pada rute keretanya. Untuk KA Taksaka sendiri tujuan Stasiun Jakarta Gambir, kerreta akan berhenti di Stasiun Kutoarjo, Stasiun Kebumen, Stasiun Purwokerto, Stasiun Cirebon, dan Stasiun Jatinegara. Sedangkan untuk KA Taksaka untuk tujuan Stasiun Tugu Yogyakarta, akan berhenti di Stasiun Cirebon, Stasiun Purwokerto, dan Stasiun Kutoarjo. Khusus KA Taksaka tujuan Yogyakarta yang berangkat pada pagi hari, kereta api akan berhenti di Stasiun Kebumen.

Selain itu, kereta api ini juga memiliki desain interior yang sangat cantik. Ditambah dengan tempat duduknya yang berbahan sofa serta berdesain ergonomis layaknya di pesawat terbang. Selain itu, tempat duduk tersebut bisa diputar posisinya dan bisa disesuaikan dengan ketegakan sandaran punggungnya. Bahkan, pada setiap tempat duduk tersebut, telah tersedia stopkontak, selimut, bantal, pijakan kaki, lampu baca, dan meja lipat. Masing-masing kereta penumpang tersebut, memuat 50 hingga 52 tempat duduk. Dan seluruh kereta penumpang telah dibekali dengan 2 unit AC, 1 unit toilet, dan bagasi kabin. Semua faslitas yang bisa memberikan kenyamanan kepada penumpangnya tersebut, bisa anda nikmati dengan tarif berkisar antara  Rp. 260.000- Rp. 350.000 / penumpang. Dan besaran tarif ini telah disesuaikan pada subkelas kereta maupun posisi tempat duduk, waktu pemesanan tiket, jarak tempuh, dan tanggal perjalanan.

Untuk melakukan perjalanan jarak jauh ini, maka sebaiknya anda menggunakan kereta api dengan jadwal keberangkatan malam hari, supaya anda menghabiskan waktu perjalanan untuk tidur, sehingga sesampainya di Yogyakarta, anda bisa langsung menjelajahi kota Yogyakarta.