3 Makanan Berkuah Ini Menggunakan Santan Dalam Pembuatannya

Apa itu santan? Santan merupakan cairan hasil dari perasan parutan kelapa. Kelapa yang sudah diparut direndam didalam air kemudian diperas menggunakan saringan, cairan hasil dari perasan parutan kelapa itulah yang dinamakan santan. Santan ini dalam sebuah pembuatan makanan merupakan bumbu pelengkapnya. Dalam penyajian bubur kacang hijau juga menggunakan santan. Lalu dalam sebuah minuman dingin seperti es cendol dan es dawet juga menggunakan santan. Saat membuat kolak juga pada saat bulan ramadhan santan ini juga digunakan. Lalu makanan berkuah apa saja ya yang menggunakan santan dalam pembuatannya? Ketiga makanan itu adalah :

  1. Sayur Lodeh

Bahan bahan dalam pembuatan sayur lodeh itu hampir mirip dengan bahan pembuatan sayur asem. Ada kacang panjang, labu, terung, daun melinjo, melinjo, dan jagung. Namun yang membedakan dari kedua jenis sayur ini adalah penggunaan santan dalam pembuatan sayur lodeh dan sayur lodeh tidak menggunakan kacang tanah seperti sayur asem.

  1. Opor Ayam

Sayur yang berbahan dasar daging ayam ini merupakan salah satu ciri khas jenis sayur yang ada dalam setiap rumah ketika lebaran tiba. Opor ayam menjadi teman ketupat untuk dimakan saat lebaran tiba. Namun kita dapat menikmati dan membuat sayur daging ayam  bersantan ini kapan saja ketika kita menginginkannya.

  1. Gulai

Makanan berkuah yang menggunakan santan lainnya yaitu gulai. Bahan dasar dari pembuatan gulai ini adalah daging sapi. Daging sapi yang dipotong kecil kecil kemudian dimasak dalam air yang sudah dibumbui rempah rempah dan tentunya santan. Gulai juga merupakan salah satu ciri khas makanan saat lebaran tiba, dan dimakan bersama ketupat.

Namun kadar kalori dari santan ini tinggi maka sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung santan apalagi untuk para lanjut usia.